Rabu, 09 Juni 2010

Menggunakan parameter di iReport

Setelah bahasan sebelumnya menggunakan sajian data gambar dalam bentuk chart, sekarang kita coba dengan menggunakan parameter atau penggunaan variabel pada report yang dipanggil, sehingga ketika run/preview harus memasukkan input parameter sebagai filter yang menghasilkan data report sudah terfilter berdasar parameter yang dimasukkan.
Parameter disini didefinisikan sebagai nama class
Dalam contoh parameter java.sql.Connection jenis dapat digunakan untuk mengisi subreport, sementara parameter sederhana java.lang.Boolean dapat digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan bagian dari laporan.Apa pun yang Anda putuskan untuk menggunakan parameter, akan merupakan cara komunikasi antara mesin laporan dan lingkungan eksekusi (aplikasi yang dipakai).
parameter A dapat mempunyai nilai default yang didefinisikan dengan cara properti ekspresi default. Ungkapan ini dievaluasi oleh JasperReports hanya ketika nilai untuk parameter belum disediakan oleh pengguna pada saat dijalankan.
Untuk mengatur parameter, gunakan inspektur laporan (gambar 1). Dari sini adalah mungkin untuk menambah dan menghapus parameter. Untuk mengubah parameter, pilih dalam laporan inspektur dan menggunakan lembar properti (gambar 2).

Built in parameter
Semua laporan berisi satu set built-in parameter, parameter yang tersedia secara default yang mengandung beberapa informasi waktu berjalan. Beberapa yang penting adalah REPORT_CONNECTION, yang memegang koneksi JDBC yang digunakan untuk menjalankan query SQL laporan (jika laporan tersebut penuh menggunakan koneksi JDBC), yang REPORT_DATA_SOURCE yang berisi, jika tersedia, sumber data yang digunakan untuk mengisi laporan tersebut , yang REPORT_LOCALE yang berisi Locale digunakan untuk mengisi laporan dan sebagainya.
Beberapa built-in parameter yang spesifik dari beberapa bahasa query, dalam contoh bila menggunakan bahasa query Hibernate, laporan secara otomatis mencakup HIBERNATE_SESSION parameter yang memegang sesi Hibernate digunakan untuk menjalankan query HQL.
Built-in parameter tidak dapat diubah atau dihapus.
Untuk menyembunyikan built-in parameter dari laporan inspektur, klik ikon filter di bagian bawah inspektur laporan (gambar 3).


Menggunakan parameter:
Coba ditambbahkan parameter kemudian [parameter1], klik-drag ke title, kemudian preview masukkan "Hello World", preview maka muncullah report dengan kalimat Hello World.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar