Senin, 07 Juni 2010

Membuat Report di iReport (Bagian I)

Merupakan salah satu tool dari jasperforge.org, dan bisa didownload dahulu. Dalam tulisan ini menggunakan tool iReport 3.7.1, walaupun sebenarnya ada yang lebih baru (update), yakni iReport 3.7.2.
Setelah selesai download, buka iReport.exe di folder bin, kemudian muncullah menu editor dengan cuplikan header berikut:

Dalam lingkaran merah menunjukkan tombol koneksi ke database, kita gunakan database contoh. Klik Create connection database pilih Database JDBC connection.

password sa kosong (tanpa password).
Jika driver database belum ada, bisa ditambahkan di Tools > Options > iReport > Classpath dan tambahkan jar yang diperlukan.
Koneksi sukses, kemudian membuat report kosong (blank report).
klik open thus template dan next, dan muncullah tampilan kosong seperti halnya anda terbiasa membuat report. Jika sudah familiar dengan crystal report, maka design di designer ini tidak begitu sulit.
Klik pada tanda lingkaran merah, akan membuka dialog Permintaan untuk mendefinisikan query yang mengambil data untuk mengisi laporan. Permintaan SQL disimpan di dalam laporan dan dapat menerima parameter untuk menyaring data menggunakan sintaks $ (P) (untuk parameter standar) dan $ P () (! Untuk menggunakan parameter sebagai sepotong SQL). Sekali lagi kami ingin menjaga hal-hal sederhana dalam tulisan ini, jadi kami tidak akan menggunakan parameter apapun. Ketik query berikut untuk memilih semua field / kolom dalam tabel perintah: select * from orders, disini hanya contoh dengan menggunakan tabel orders yang kebetulan ada di database. Klik field kemudian tarik object ke detail dan label ke column header.

bisa juga ditambahkan objek lain semisal garis, dengan mengambil objek di kotak pallette.
Jika menginginkan tebal, rata tengah dan sebagainya, tinggal atur setting di propertie di objek yang dipilih. Misal dengan desain seperti ini:
Kemudian untuk melihat hasil desain repot, beralih ke mode preview dengan mengklik Gambar di tool bar desainer. tombol ini mengkompilasi laporan di latar belakang dan mengisinya dengan data diambil oleh query melalui koneksi JDBC
Sampai disini tahap pertama pembuatan iReport dengan koneksi database sample selesa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar