Rabu, 16 Juni 2010

Membuat expression di groovy

JasperReports mendukung bahasa scripting untuk mendefinisikan ekspresi (termasuk Groovy dan JavaScript), menghindari kerumitan yang dialami oleh penulis laporan yang tidak tahu Java, yang telah lama bahasa default yang digunakan untuk menentukan ekspresi (seperti perhitungan dan elaborasi teks) .
Groovy mungkin adalah pilihan terbaik karena beberapa alasan:
- sepenuhnya kompatibel scripting java
- sangat fleksibel (tidak diketik seperti halnya Java)
- Bahasa Groovy dikonversi dalam kode Java byte, menghindari masalah performa khas dari bahasa ditafsirkan (seperti JavaScript)

Groovy menyederhanakan pembuatan laporan, meninggalkan kerumitan developer yang terampil dalam bahasa Java. Berikut adalah beberapa contoh yang menunjukkan betapa sederhananya dan elegan Groovy adalah ketika dibandingkan dengan java:

Groovy-Java sepenuhnya kompatibel. Ini berarti bahwa kita kita dapat java referensi clases dalam ekspresi Groovy. Berikut ini adalah ekspresi Groovy benar:

Expression Java Groovy
Field $F{field_name} $F{field_name}
Sum of two double fields new Double($F{f1}.doubleValue() +
$F{f2}.doubleValue())
$F{f1} + $F{f2}
Comparision of numbers new Boolean($F{f}.intValue() == 1) $F{f} == 1
Comparision of strings new Boolean($F{f} != null &&
$F{f}.equals("test"))
$F{f} == "test"


new JREmptyDataSource($F{num_of_void_recors})

JREmptyDataSource adalah kelas JasperReports yang menghasilkan seperangkat catatan kosong (artinya dengan semua field ditetapkan null). Hal ini dimungkinkan untuk contoh ini murni di kelas java Groovy tanpa masalah apapun.
Berkat kompatibilitas itu kemudian mungkin untuk mengubah laporan yang berbasis di Java Groovy hanya mengubah properti bahasa laporan.
Groovy adalah sebuah contoh bagus dari sebuah bahasa scripting yang membuka pintu JasperReports untuk semua orang (desainer laporan) yang tidak tahu Java.

Menggunakan Groovy di iReport

iReport memberikan dukungan penuh untuk Groovy. Untuk mengatur "Groovy" sebagai bahasa default dalam laporan, pilih node akar dari struktur laporan dalam laporan inspektur dan mengatur properti Bahasa dalam lembar properti untuk Groovy.

Ketika bahasa laporan diatur ke Groovy, JasperReports secara otomatis menggunakan compiler Groovy untuk menghasilkan file Jasper. Groovy adalah bahasa yang ditetapkan oleh default di semua template dikirimkan dengan iReport.
Laporan yang menyebarkan Gunakan Groovy

Jika Anda menggunakan Groovy sebagai bahasa scripting untuk ekspresi, Anda harus menambahkan-groovy semua-1.5.5.jar ke classpath aplikasi Anda agar dapat menjalankan laporan Anda berhasil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar