Kamis, 08 Juli 2010

Sequence dan loop di Kettle Data Integration

Belajar dari kasus yang ada ditambah melihat contoh software bawaan Data Integration, kadang proses simultan diperlukan proses sequential ataupun looping (perulangan) dengan kondisi tertentu. Ternyata objek yang digunakan adalah objek input->Generate row.
Double click pada objek generate row, limit menunjukkan batasan maksimum generate, kemudian tambahkan objeck "add sequence" untuk mendapatkan nilai integer dari sequential generate row sebanyak limit. Output bisa ke log, table ataupun tabel database. Run kemudian bisa dilihat hasilnya.Mari kita coba dulu

Kalau dilihat dari gambar di atas, dengan filter rows '<>null' jika true ke log sedangkan false ke output, maka arahnya akan ke table output (false). Jadi jelas disini, bahwa generate row hanya sebagai jumlah proses sebanyak n limit yang diinput, dengan output null.
Untuk mendapatkan nilai dari sequential, kita ambil objek add_sequence di folder transform, sehingga tampilan seperti di bawah.Bila di cek di tabel, dengan asumsi limit generate row 7, dengan name of value "valuename" di objek add sequence, akan menghasilkan data seperti tabel di bawah.
Jadi jelas, hit nilai null dari "generate row" sementara valuename nilai dari "add sequence" dengan start value 1 dan increment 1 sebagai penambah (counter).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar