Sambungan dari topik sebelumnya.
Menentukan sasaran yang penting, strategis, dan memperoleh prioritas yang tinggi dari jajaran manajemen. Sasaran ini jika dicapai, akan membantu mewujudkan visi dan misi perusahaan.
Sasaran strategis merefleksikan cita-cita dan aspirasi perusahaan yang ingin dicapai dimasa mendatang. Sasaran dibangun dengan memperhatikan Ekspektasi Stakeholder (pemegang saham), pelanggan dan juga karyawan. Analisa atas kapabilitas internal atau aspek apa saja yang perlu ditingkatkan kinerjanya secara signifikan?
Secara keseluruhan, sasaran strategis dalam satu Strategy Map umumnya berjumlah 10 - 25.
Identifikasi KPI Key Performance Indicator
Secara Grafik bisa diartikan:
Menentukan Visi dan Misi, kemudian mengatur strategi dengan konsentrasi di 4 objek Finance, Customer, Internal Business Process dan Learning.
KPI = Ukuran atau Indikator yang akan memberikan informasi sejauh mana kita telah berhasil mewujudkan sasaran strategis yang telah kita tetapkan
Terbatasnya pengetahuan teknologi informasi di Indonesia khususnya business intelligence data warehouse data mining menjadi perhatian tersendiri, sehingga berinisiatif memunculkan web-blog ini. Sekedar sharing sistem datawarehouse, datamart, ataupun business intelligent mulai dari ER Desain/Star Schema,ETL, Reporting, hingga training. Tool yang digunakan (Data Stage, (Kettle, Mondrian, BI Server, Weka) Pentaho , Jasper, Sagent, Business Object, dll)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar